tiket masuk bromo

Harga Tiket Masuk Kawasan Wisata Bromo, harganya cukup terjangkau. Harga tiket masuk ke Bromo perorang adalah Rp.29.000 saat hari biasa dan Rp.33.000 saat Sabtu atau Minggu.

Tiap wisatawan yang masuk wilayah Gunung diwajibkan mempunyai tiket masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tiket ini dikeluarkan oleh Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tiket ini dibagi menjadi dua, yakni tiket untuk Warga Negara Indonesia (WNI) dan Tiket untuk Turis Internasional (Warga Negara Asing/WNA).

Tiket masuk bromo untuk warga negara indonesia adalah harganya adalah Rp.29.000 saat hari biasa dan Rp.33.000 untuk weekend di Sabtu dan Minggu.

Kemudian harga tiket masuk Bromo untuk turis internasional adalah Rp.220.000 di hari biasa dan Rp.320.000 untuk weekend. Semua warga negara asing termasuk pemegang kartu izin tinggal terbatas (KITAS) juga diwajibkan membeli tiket untuk international tourist.

Tiket ini berlaku satu hari ya. Untuk sewa jeep atau trip bromo sunrise ini cukup banget. Kecuali kita mau menginap di hotel atau homestay yang masuk area Bromo atau berkemping, pasti tiketnya lebih dari satu hari. Sesuai dengan lama waktu kita di Bromo.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru adalah kawasan pegunungan di Jawa Timur, Indonesia, yang terletak di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Probolinggo. Taman yang bentangan barat-timurnya sekitar 20-30 kilometer dan utara-selatannya sekitar 40 km ini ditetapkan sejak tahun 1982 dengan luas wilayahnya sekitar 50.276,3 ha.

Pintu Masuk Kawasan Bromo

Ada empat pintu masuk ke kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeriu dari empat Kabupaten di Jawa Timur, yakni Probolinggo, Pasuruan, Malang dan Lumajang.

Pintu Masuk Cemoro Lawang

Ini pintu masuk yang paling dekat dengan Kawah Bromo, letaknya di Kabupaten Probolinggo. Cocok buat oepengunjung Bromo yang dari arah Timur seperti Probolinggo atau Jember. Dari pintu masuk ini jika ingin mengejar sunrise dan tidak mau melewati lautan pasir, ada dua pilihan ke Seruni Point atau Bukit Mantigen. Untuk pintu masuk ini, pengunjung Bromo selain membayar tiket masuk Bromo, juga kena retribusi dari Pemerintah Daerah Probolinggo, untuk WNI Rp.12.500 peorang dan WNA Rp.25.000 perorang.

Pintu Masuk Pananjakan

Pintu masuk Bromo dari Pasuruan ini adalah pintu masuk paling dekat ke Sunrise Point Pananjakan, pilihan lainnya adalah Bukit Cinta dan Bukit Kingkong, semua satu jalan menuju arah pasir berbisik. Pengunjung Bromo dari Surabaya ini jadi opsi terdekat, nanti ganti jeep di Rest Area Tosari.

Pintu Masuk Coban Trisula

Ini satu-satunya pintu masuk Bromo dari arah Kota Malang, Batu dan Kabupaten Malang. Pintu masuk ini juga yang digunakan open trip Bromo via Malang dan Batu setiap hari. Akan masuk Bromo via pertigaan Jemplang. Dekat dengan Savana Bromo dan Bukit Teletubbies.

Pintu Masuk Senduro

Ini akses masuk dari arah selatan, tepatnya daerah Lumajang. Nanti akan masuk ke kawasan Bromo via pertigaan Jemplang. Lokasi wisata paling dekat dari pintu masuk ini adalah Savana Bromo dan Bukit Teletubbies.

Harga Lengkap Tiket Bromo

Harga tiket Bromo selain untuk orang, baik untuk turis lokal dan turis mancanegara. Kendaraan juga dikenakan tiket masuk, seperti mobil, motor, sepeda dan kuda.