seruni point gunung bromo

Sunrise spot Seruni Point menjadi salah satu spot Bromo yang recommended saat berwisata ke Bromo. Wisata Bromo selalu menawarkan pengalaman yang menarik bagi pengunjungnya.

Apalagi saat menyaksikan sunrise di Gunung Bromo, salah satu tempat yang tepat untuk menikmati keindahan panorama Bromo adalah Seruni Point.Terutama saat mengakses Bromo via Probolinggo

Satu dari banyak spot tersebut yakni Puncak Seruni Point yang ada di ketinggian Probolinggo. Salah satu sudut untuk menikmati indahnya Gunung Bromo, Seruni Point adalah puncak buatan yang mampu menghipnotis setiap orang.

paket sewa jeep wisata gunung bromo

Keindahan Sunrise Spot Seruni Point

Seruni Point yang berada di ketinggian 2.400 mdpl atau sering disebut sebagai Penanjakan 2. Spot ini dibangun untuk memenuhi keterbatasan dan daya dukung Penanjakan 1. Sebab, Penanjakan 1 semakin populer oleh aktivitas para pemburu mentari pagi gunung Bromo. Seruni Point ini menjadi salah satu yang favorite untuk mendapatkan Golden Sunrise terbaik di Bromo.

Bagi setiap wisatawan yang ingin berkunjung ke Seruni Point bisa menikmati pemandangan yang sangat menakjubkan. Hal ini karena dengan Seruni Point bisa melihat Gunung Bromo dari atas Kayangan. Saat berada di Spot Sunrise ini, para wisatawan juga bisa langsung melihat hamparan lautan pasir dengan sangat jelas. Bahkan panorama keindahan alam Gunung Bromo, Gunung Batok, Gunung Widodaren, dan juga Gunung Semeru.

Wisata ini memang tidak akan mengecewakan pengunjung karena pemandangan yang disuguhkannya tampak menakjubkan. Untuk lokasi Seruni Point ini berada tepat di Desa Ngadisari, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur.

Waktu Terbaik ke Seruni Point

Apabila Anda berencana untuk mengunjungi sunrise spot Seruni Point, pastikan datang sejak pagi hari menikmati sunrise. Apabila pengunjung datang melihat Sunrise Bromo saat cuaca sedang cerah,maka akan menyaksikan perpaduan warna langitnya. Sinar matahari yang tampak akan membentuk cahaya keemasan serta kemerahan.

Pada musim kemarau antara bulan Juni hingga bulan Agustus merupakan waktu yang tepat untuk datang ke Seruni Point. Sehingga Anda bisa menyaksikan keindahan Sunrise Bromo. Sebab, mendatangi gunung Bromo saat musim kemarau dianggap waktu paling tepat. Pada waktu tersebut cuacanya akan sangat cerah dan tidak mendung.

Tips Sebelum Mengunjungi Seruni Point untuk Berburu Sunrise

Sebelum Anda memutuskan untuk mengunjungi Seruni Point, ada perlu memahami beberapa hal penting. Berikut ini adalah tips penting untuk Anda ketahui.

  • Sehat dan Bugar untuk Menaiki Anak Tangga 
Untuk menuju puncak Seruni Point memang membutuhkan kebugaran badan dan fisik. Sebab, Anda harus mendaki anak tangga secara mandiri. Semua jenis kendaraan yang berkaki atau beroda tidak diperkenankan untuk menaiki anak tangga Seruni Point. Bagi keluarga yang membawa bayi atau anak yang masih harus digendong. Sebaiknya harap berpikir lebih matang lagi apabila memutuskan melihat sunrise dari spot Seruni Point. 
  • Bawa Minum dan Makanan Ringan 
Pastikan untuk tidak lupa membawa minum dan makanan ringan. Hal ini karena sepanjang jalan anak tangga tidak tersedia penjual makanan atau minuman. Oleh karena itu, penting untuk mempersiapkan segalanya dari awal. Anda memang perlu banyak minum air putih untuk menghilangkan dahaga serta dehidrasi. Selain itu, makanan sehat juga berguna untuk menambah energi Anda. 
  • Tidak Bersandar di Pagar 
Sebaiknya Anda tidak bersandar di pagar, aktivitas ini sangat berisiko dilakukan apalagi dengan banyak orang, bahkan rombongan. Pagar pembatas memang bukan dibangun untuk dijadikan sandaran karena memiliki batas kemampuan menahan beban. Meski tidak ada papan informasi dan peringatan akan hal tersebut. Namun perlu untuk tetap waspada apabila sudah terlalu banyak pengunjung yang berada di lokasi ini. 
  • Membawa Lampu Senter 
Hal yang tak boleh terlupakan bagi para pemburu sunrise spot Seruni Point yakni penerangan atau senter. Alat penerangan ini sangat berfungsi maksimal saat jalanan gelap. Apalagi saat waktu sebelum subuh atau fajar, dari tempat parkir Jeep ke anak tangga yang pertama sampai puncak Seruni Point. Anda masih membutuhkan bantuan penerangan mandiri. Sebab, ada beberapa blank spot dari fasilitas penerangan yang disiapkan.

Hal yang Menarik dari Seruni Point

Saat Anda mengunjungi Seruni Point akan ada beberapa hal menarik. Untuk itu, ketahui beberapa hal yang menarik bagi pengunjung berikut ini. Awan Kapas, pemandangan lautan awan yang memanjakan mata bisa Anda lihat saat pagi hari yang cerah di Seruni Point. 

Pastinya menyuguhkan keindahan Sunrise Bromo yang tak ada tandingannya. The Great Wall of Seruni Peak, sekilas tembok yang dibangun di Seruni Point ini tampak serupa dengan Tembok Raksasa di China. Bangunan ini mempunyai 256 anak tangga dan dikelilingi Pinus menuju Bukit. 

Selain itu, terdapat sebuah menara yang mempunyai empat Pilar atau Tugu di atasnya. Pembangunan sunrise spot Seruni Point menggunakan dana yang fantastis, bahkan hanya dalam waktu lima bulan. 

The Great Wall of Seruni Point Peak dibangun dengan anggaran sebanyak Rp 5 Miliar. Bangunan megah yang diberi nama Plaza Seruni. Lokasinya yang berada di Ngadisari, Sukapura ini diresmikan Bupati Probolinggo, tepatnya pada 18 Desember 2018.

Tiket Masuk Seruni Point Sangat Murah

Untuk memasuki lokasi Seruni Point ada loket khusus, tiap pengunjung wajib membeli tiket masuk sebesar 5 ribu/orang, karena lokasi ini langsung dikelola oleh Pemerintah Daerah Probolinggo. 

Apabila dibanding harga tiket masuk tempat wisata lainnya, sebenarnya Seruni Point ini tergolong murah. Namun harga tersebut memang belum termasuk harga tiket memasuki kawasan wisata lainnya di gunung Bromo. 

Harga tersebut hanya tiket masuk Seruni Point view Sunrise Bromo saja. Mengenai jam buka atau operasional Seruni Point yakni buka 24 Jam.

Fasilitas Seruni Point

Sunrise spot Seruni Point juga memiliki sarana dan pra sarana yang cukup lengkap. Mulai dari mushola, kamar mandi, toilet dan beberapa warung makanan. 

Selain itu, juga tersedia tempat duduk untuk beristirahat sejenak, sebelum Anda menaiki anak tangga dan di bawah tugu pilar Brawijaya. 

Fasilitas lainnya juga tersedia lahan parkir untuk kendaraan roda empat atau dua yang cukup memadai. Meski saat liburan seringkali lahan parkir tersebut tidak muat dan meluber ke jalan utama. Saat mulai pukul 04.00 WIB perlahan mulai tampak perubahan warnanya dari gelap bertahap menjadi pagi. Apabila datang di waktu lebih awal, maka kesempatan Anda lebih banyak memperoleh posisi terbaik.

Rute

Rute untuk menuju spot wisata sunrise Gunung Bromo Seruni Point, bisa Anda tempuh dari berbagai jalur. Mulai dari jalur Surabaya, Malang, Batu, Banyuwangi atau Lumajang. Pengunjung paling gampang menuju ke Seruni Point yakni dari arah Probolinggo lalu ke Cemoro Lawang. 

Sebab, wilayah Seruni Point termasuk di daerah kabupaten Probolinggo. Apabila menuju Penanjakan utama dari rest area parkiran teratas di Cemoro Lawang, pengunjung bisa mengambil ke arah kiri dengan jalur yang menanjak. Bukan memilih turun ke lautan pasir atau arah Kawah Bromo. 

Namun untuk menuju ke Seruni Point pengunjung bisa mengambil jalan menurun atau dari arah kanan dari rest area parkiran teratas di Bromo. Selanjutnya bisa langsung belok kiri. Sunrise spot Seruni Point menjadi lokasi untuk menikmati sunrise Bromo terbaik. 

Apalagi Seruni Point mempunyai desain menara pandang yang ikonik, yang disebut Plaza Seruni. Bahkan Seruni Point termasuk salah satu viewpoint idola di kawasan Bromo. Bagi Anda yang sedang menjelajah wisata Probolinggo dan ingin melihat sunrise yang indah, maka bisa mampir ke tempat ini.